Blog

Cara Maintenance Social Media Contest

Cara Maintenance Social Media Contest yang Baik

Siapa yang tak suka memenangkan hadiah? Jawabannya hampir tidak ada. Karena alasan tadi social media contest adalah salah satu cara paling mudah dan efektif untuk bisa membuat brand Anda lebih dikenal dengan biaya promosi yang minim.

Social media contest bisa berupa giveaway sederhana dari brand kecil atau juga campaign tingkat nasional untuk jangkauan efek yang lebih besar. Cara ini juga menjadi salah satu komponen paling efektif di strategi social media manapun. Karena pada akhirnya, pemenang dari campaign ini adalah brand Anda sendiri. Lalu bagaimana cara maintenance social media contest yang baik? Anda bisa ikuti langkah mudahnya pada ulasan berikut:

1. Setup goals

Sebelum memulai kontes, penting untuk menetapkan goals atau elemen KPI yang harus dipenuhi. Goals harus spesifik dan bisa terukur serta memberikan manfaat bagi brand. Salah satu contoh KPI social media contest adalah bisa memberikan value berikut ini kepada bisnis Anda, seperti:

  • Menaikkan brand awareness atau kesadaran brand
  • Menaikkan jumlah follower
  • Menaikkan interaksi
  • Menciptakan user generated content
  • Mengenal pelanggan lebih baik melalui survey

Pastikan juga Anda punya KPI yang diprioritaskan yang disesuaikan berdasarkan kebutuhan. Ingat, jika persyaratan kontes terlalu sulit, Anda tak bisa mendapatkan engagement yang tinggi.

Cara Maintenance Social Media Contest

2. Setup budget dan pilih hadiah menarik

Ketika setting budget, pastikan beberapa poin penting seperti hadiah, biaya promosi serta biaya lain yang keluar untuk menjalankan campaign ini sudah benar-benar diperhitungkan. Hitung dan pikirkan ROI budget yang dikeluarkan apakah setara dengan KPI yang ditargetkan.

Untuk hadiah, upayakan sebisa mungkin masih related dengan brand Anda. Karena bagaimanapun juga tujuan dari social media contest ini bukan sekadar bagi-bagi hadiah, melainkan juga menaikkan brand Anda sendiri. Beberapa ide barang yang bisa dijadikan hadiah antara lain:

  • Produk Anda sendiri 
  • Produk lain yang masih berkaitan dengan brand Anda
  • Liburan
  • Uang

3. Tetapkan target social network

Saat akan menjalankan social media contest, Anda juga harus punya analisa target social network. Pemilihan social network yang tepat akan memperbesar peluang kesuksesan campaign yang dijalankan. Jika sudah memilih kelompok social networks, Anda bisa tentukan metode atau syarat dan ketentuan untuk mengikuti kontes.

Beberapa contoh ide kontes yang mudah dijalankan antara lain:

  • Kontes foto
  • Kontes video
  • Kontes caption
  • Vote to win
  • Like, share, mention komentar

4. Tentukan durasi dan antisipasi aturan platform

Panjang durasi kontes bisa tergantung dari hadiah yang ditawarkan. Semakin menarik dan tinggi value hadiah, maka durasi kontes bisa semakin panjang. Analoginya, semakin tinggi value hadiah, maka antusias orang lain untuk tetap ikutan bisa terjaga. Namun jika terlalu panjang, Anda bisa kehilangan faktor spontanitas orang untuk bisa segera ikutan.

Yang tak kalah penting, pastikan Anda sudah membaca terms and condition platform tempat menggelar social media contest. Karena tiap platform social media punya aturan yang berbeda bagi para penggunanya yang ingin mengadakan kontes/lomba.

5. Promote

Selesai semua persiapan, waktunya untuk menyebarkannya kepada dunia. Perhatikan kemasannya, buat sesingkat dan semenarik mungkin agar bisa membangun antusias orang untuk ikutan. Semakin spontan orang untuk ikutan, maka semakin besar peluang untuk mendapatkan banyak kontestan. Memancing spontan bisa dengan kombinasi persyaratan mudah dan hadiah yang menarik.

Tetapi perlu diingat jika social media contest ini bertujuan untuk menaikkan brand Anda. Jadi pastikan di persyaratan untuk mengikuti kontes ini juga bisa memenuhi KPI mengangkat nama brand.

6. Analisa dan evaluasi

Ketika kontes selesai, pilih dan umumkan pemenang serta jangan lupa untuk berterima kasih kepada mereka. Sekalipun kontes sudah usai, tapi tetap ada sejumlah PR yang harus dilakukan.

Kontestan yang berpartisipasi sudah mengenal brand produk Anda. Karenanya cukup mudah untuk mengkonversi mereka untuk menjadi pelanggan. Salah satu cara mudah adalah dengan memberikan penawaran eksklusif yang menarik bagi mereka ketika campaign sudah selesai.

Salah satu keunggulan melakukan campaign di social media adalah performa yang terukur. Di akhir kontes, Anda bisa menghitung ROI social media contest ini apakah sudah memenuhi KPI atau tidak. Beri catatan kepada apa yang berjalan dengan baik dan juga tidak. Dengan informasi seperti ini, Anda punya standar saat menjalankan social media contest berikutnya.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.