Blog

Brand Monitoring

Perlukah Brand Monitoring Untuk Meningkatkan Bisnis Anda

Jika seseorang membicarakan tentang perusahaan Anda di dunia online, apakah Anda bisa mengetahuinya? Hal tadi bisa diketahui melalui Brand monitoring, sebuah proses yang membuat Anda lebih mengerti bagaimana reputasi brand Anda di dunia online, termasuk berapa kali disebut atau bahkan apa yang kompetitor Anda lakukan.

Proses brand monitoring biasanya dilakukan oleh sebuah agensi, hal yang lazim digunakan oleh perusahaan besar untuk membantu menjaga imej brand mereka di dunia maya. Namun bagi perusahaan kecil tanpa bantuan agensi, banyak tool gratis yang bisa membuat laporan mengenai brand monitoring. Beberapa parameter yang ditampilan dalam performance report, akan kita ulas bersama di bawah ini.

Laporan Brand Monitoring (Performance Report)

Parameter yang ditampilkan dalam laporan brand monitoring bisa jadi beragam tergantung tool yang digunakan. Namun beberapa parameter di bawah ini hampir dapat dipastikan akan selalu ada. Beberapa di antaranya adalah:

– Brand dan product mentions

Sesuai namanya, dalam parameter ini dijelaskan berapa kali nama brand perusahaan Anda disebutkan di dunia maya termasuk juga mention tentang produk.

– Major staff mentions

Menunjukkan berapa kali mention dari seseorang, lembaga atau bahkan brand lain yang terkenal dan juga berpengaruh.

– Incoming links to your website

Tak perlu dijelaskan secara detail, sesuai dengan namanya, bagian dari laporan ini menghitung berapa jumlah link dari social media yang diarahkan ke website perusahaan Anda.

Brand Monitoring

Relationship dengan pelanggan (Relevance)

Alasan penting lainnya melakukan brand monitoring adalah kesempatan untuk engage dengan pelanggan. Karena para pelanggan tak selalu mention atau melengkapi dengan hastag tertentu. Tetapi dengan menggunakan tool brand monitoring, hal ini bisa saja terdeteksi sehingga relevansi dengan pelanggan bisa terjaga.

Masih dalam bahasan menjaga relationship atau hubungan baik dengan pelanggan, penting untuk mengetahui pengalaman yang mereka rasakan saat berinteraksi dengan brand kita. Apakah mereka merasa positif atau sebaliknya merasa sedih, di sini peran dari analisa sentimen.

Analisa sentimen menarik kesimpulan apa yang dirasakan oleh pelanggan tentang brand kita, Dengan menggunakan metode pencarian keyword nama brand, kita bisa melihat sentimen yang terjadi dengan menganalisa keseluruhan kalimat yang mengandung nama brand tadi. Dari hal ini, Anda bisa ikut menganalisa pengalaman pelanggan saat menggunakan produk/jasa perusahaan Anda.

Analisa Kompetitor (Competitor Analysis)

Brand monitoring tak bisa dikatakan lengkap tanpa memata-matai apa yang dilakukan oleh kompetitor. Caranya pun cukup mudah, Anda cukup memasukkan beberapa keyword yang berkaitan dengan kompetitor Anda. Dari situ bisa Anda kembangkan lagi untuk mengintai strategi kompetitor di bidang lainnya.

Pada dasarnya apa yang dilakukan di dunia maya, terutama di social media bisa diketahui oleh publik. Dari sini Anda bisa menganalisa lebih detail tentang campaign yang kompetitor lakukan, termasuk juga hasil yang mereka dapatkan. Anda pun bisa membandingkan dengan campaign yang sama perusahaan Anda lakukan, atau malah menduplikasi apa yang sudah dilakukan kompetitor ke dalam strategi yang akan dilakukan oleh perusahaan Anda.

Kesimpulan

Monitoring brand Anda adalah bagian penting dari kegiatan marketing. Proses ini membantu Anda untuk mengetahui tingkat kepuasaan pelanggan tentang produk/jasa yang perusahaan Anda tawarkan. Dengan begitu, Anda bisa mencegah kemungkinan krisis yang akan terjadi di masa mendatang. Menariknya lagi, Anda tak hanya bisa melakukan monitoring brand terhadap perusahaan sendiri, tetapi juga dengan perusahaan kompetitor.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.