Blog

Cara Optimasi On-Page

SEO Ceklis Membongkar Cara Optimasi On-Page Dalam SEO

SEO menjadi penting agar website punya peringkat bagus di mesin pencari. Dalam prakteknya, SEO secara garis besar dibagi menjadi dua teknik, yaitu On-Page SEO dan Off-Page SEO. Kali ini kita akan kupas lebih mendalam apa itu On-Page SEO dan teknik optimasinya.

Pengertian On-Page

Sesuai dengan nama, optimasi On-Page SEO dilakukan di halaman konten yang diterbitkan. Dalam prakteknya, langkah optimasi fokus kepada faktor-faktor internal di dalam sebuah halaman. Diawali dengan meningkatkan kualitas konten menjadi lebih menarik, informatif dan mudah dibaca, kemudian diatur sedemikian rupa dengan memaksimalkan format atau fitur yang terdapat dalam struktur sebuah halaman konten.

Singkat kata, On-Page adalah mengoptimalkan agar mesin pencari agar lebih mudah memahami konteks konten yang Anda buat serta relevansi website Anda dengan kata kunci yang dicari oleh pengguna internet.

Cara Optimasi On-Page

Ada banyak cara optimasi on-page yang bisa Anda lakukan. Dari hal sederhana seperti mengubah permalink menjadi lebih pendek hingga mempercepat waktu loading halaman agar mendapat skor yang bagus dari google. Ujungnya, google akan menggunakan skor tadi sebagai pertimbangan untuk memberikan penilaian. Tentunya halaman dengan nilai bagus akan ditampilkan di depan. Untuk langkah-langkah optimasinya bisa Anda simak penjelasan di bawah ini.

Cara Optimasi On-Page

1. Tag Judul

Buat tag judul semirip mungkin dengan keyword, tetapi masih enak untuk dibaca oleh pengunjung.

2. URL

Hindari menggunakan URL panjang dengan kata-kata yang tidak berkaitan dengan keyword yang digunakan. Buat URL sesingkat mungkin yang berisikan keyword.

3. Modifikasi judul

Masukkan keyword di judul semirip mungkin. Sebagai pembeda, Anda bisa menambahkan kata penunjuk waktu seperti ‘baru’, ‘2019’ atau kata sifat seperti ‘terlengkap’, ‘terbaru’.

4. Heading

Selalu gunakan H1 sebagai judul headline, diikuti H2 sebagai sub judul. Struktur ini mutlak diperlukan agar google bisa lebih mudah memahami konten.

5. Tempatkan kata kunci di 100 kata pertama

Upayakan agar kata kunci muncul di 100 kata pertama, lebih cepat muncul lebih baik. Namun perhatikan agar konten tetap enak dibaca pengunjung.

6. Tambahkan visual

Penambahan gambar, video atau infografik bisa menambah duration time pengunjung di satu halaman website selain juga mengurangi bounce rate.

7. Tambahkan tautan internal 

Anda bisa mencontoh Wikipedia bagaimana mereka memberikan internal yang bagus untuk membangun link building antar konten/halaman.

8. Design responsif

Salah satu skor penting dalam google menyusun ranking halaman pencarian adalah dengan melihat tampilan website. Sejak 2015 lalu, Google sudah mengutamakan website yang memiliki tampilan mobile friendly.

9. Loading speed

Kecepatan membuka halaman website menjadi salah satu skor penting google saat menyusun halaman rangking di mesin pencari. Anda bisa mengukur kecepatan load website melalui Google Page Speed Test.

10 LSI keyword

Gunakan dan sebar sinonim keyword di dalam isi halaman. Cara ini digunakan Google untuk menentukan relevansi dan kualitas halaman.

11. Optimasi gambar

Google juga menilai relevansi gambar yang ditampilkan dengan keyword yang disematkan di body teks. Jadi pastikan Anda tidak lupa mengisi Alt Text pada setiap gambar di dalam post dengan target keyword.

12. Optimasi konten

Bagaimanapun juga, isi konten adalah hal yang utama. Jika mengacu kepada algoritma SEO, maka konten yang lebih panjang bisa dianggap sebagai konten yang lebih berkualitas dan punya kecenderungan untuk punya peringkat yang lebih bagus di mesin pencari.

13. Media sosial

Kita tidak bisa melupakan peran media sosial di era kecanggihan informasi saat ini. Crawler google kini juga mengindeks apa yang terjadi di media sosial. Karenanya semakin banyak orang yang share halaman Anda, semakin besar pula peluang untuk punya peringkat bagus di mesin pencari.

Komponen SEO On-Page

Secara mudah dan sederhana, komponen SEO bisa diartikan agar halaman website Anda ramah dengan mesin pencari atau user friendly. Selain itu tentunya penempatan kata kunci di struktur konten juga menjadi krusial. Berikut bagian-bagian dalam halaman website yang perlu ditambahkan kata kunci.

– Tittle Tag / Judul Halaman

– Meta deskripsi

– Awal paragraf artikel

– Internal links

– H1, H2, dan H3 tags

– Semantic URLs

– Sistem navigasi

– File gambar (alt)

Beberapa komponen lain untuk membuat halaman kita menjadi ramah mesin pencari bisa dilihat di cara optimasi On-Page SEO yang sudah kita bahas sebelumnya.

Manfaat Optimasi On-Page

SEO hingga saat ini masih memiliki peran penting untuk mengangkat performa sebuah website terutama di mesin pencari. Secara garis besar hal ini bisa dilakukan dengan memaksilkan On-Page SEO dan Off-Page SEO. Berbeda dengan Off-Page SEO, On-Page SEO bisa kita kontrol sendiri dan manfaatnya bisa dirasakan langsung, di antaranya:

1. Memaksimalkan pencarian lokal

2. Sebagai strategi marketing murah dan tahan lama

3. Efek permanen, berbeda dengan Off-Page yang efeknya bisa hilang sewaktu-waktu

4. Hemat waktu dan biaya

5. Membangun UX bagus (user friendly)

6. Meningkatkan rasio klik per impresi

7. Meningkatkan trafik organik

8. Mendapat pengunjung tertarget

Untuk meningkatkan kualitas halaman relatif lebih mudah menggunakan optimasi On-Page SEO. Hal ini karena teknik optimasi ini berada di kontrol kita sebagai pemilik website. Namun bukan berarti pekerjaan selesai hingga di sini, jangan lupakan juga optimasi Off-Page SEO agar memberikan hasil yang lebih maksimal untuk mendapat peringkat terbaik di mesin pencari.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.