Blog

Social Media Marketing

Strategi Social Media Marketing yang Baik untuk Meningkatkan Bisnis

Di era modern saat ini, penggunaan media sosial sebagai sarana pemasaran adalah hal yang lumrah. Semua orang seakan berlomba-lomba mendirikan bisnis online, karenanya pengetahuan tentang social media marketing menjadi krusial untuk mempersiapkan diri menghadapi persaingan.

Banyak strategi yang bisa dilakukan untuk melakukan pemasaran di media sosial, baik untuk bisnis dalam skala besar maupun kecil. Perbedaan keduanya terletak jangkauan strategi yang digunakan. Bisnis kecil punya jangkauan yang lebih sempit dengan rasio impact yang lebih besar berkebalikan dengan strategi social media marketing untuk usaha dalam skala besar.

Pengertian Social Media Marketing

Pengertian secara sederhana, social media marketing adalah proses marketing dengan menggunakan platform media sosial. Yang umum dijadikan sebagai platform adalah Facebook, Instagram, atau Twitter.

Sementara pengertian lain datang dari Neil Patel dan Hubspot yang mengartikan social media marketing sebagai proses mendapatkan perhatian dengan menggunakan konten yang disajikan. Konten ini yang kemudian menjadi kunci untuk menarik perhatian, selain juga platform media sosial yang digunakan.

Manfaat Social Media Marketing

Media sosial di era modern ini layaknya sebuah kartu identitas, terasa tidak lengkap jika seseorang pengguna internet aktif tak mempunyai akun media sosial. Faktanya memang lebih dari 3,2 miliar orang di dunia ini menggunakan media sosial.

Social Media Marketing

Dengan angka pengguna yang sedemikian besar, proses marketing menggunakan media sosial akan bisa menjangkau lebih banyak orang. Beberapa keuntungan serta goal yang bisa Anda dapatkan dengan social media marketing antara lain:

1. Meningkatkan brand awareness

Nama usahamu menjadi lebih banyak dikenal orang lebih cepat dengan melakukan pemasaran melalui media sosial. Pemasaran secara online ini selain menjangkau lebih banyak orang juga relatif lebih mudah dan murah dibandingkan pemasaran offline.

2. Interaksi langsung dengan pelanggan

Akun media sosial usaha Anda juga berfungsi sebagai customer service. Semua interaksi dengan pelanggan bisa melalui media sosial baik private maupun publik. Hal ini menjadikan interaksi dengan pelanggan lebih mudah, cepat dan juga terukur. Anda bahkan bisa melihat profil pelanggan yang berinteraksi, mengetahui apa yang ia suka untuk memberikan saran terbaik sesuai dengan seleranya.

3. ATM kompetitor

Melalui social media, Anda bisa lebih mudah mengamati para pesaing. Dengan aktif di social media, kompetitor bisa jadi bahan pembelajaran. Anda bahkan bisa lakukan ATM (amati, tiru, modifikasi) terhadap strategi yang diterapkan oleh kompetitor.

Strategi Social Media Marketing

Secara garis besar, strategi social media marketing adalah proses menarik perhatian pengguna lain dengan menggunakan konten agar tercapai engagement. Untuk konten bisa engaged dengan pengguna lain, berikut strategi umum yang bisa Anda terapkan.

1. Pelajari demografi customer

Hal ini menjadi dasar yang mutlak dipelajari. Anda bisa masuk ke dalam pikiran audiens/customer dengan cara satu frekuensi dengan mereka atau mencari yang cocok dengan selera audiens. Semakin konten yang Anda buat cocok dengan selera audiens, potensi terjadinya engagement pun jadi lebih besar. 

2. Sesuaikan dengan platform social media

Setiap platform punya fitur keunggulan masing-masing serta demografi pengguna yang berbeda. Pelajari juga algoritma yang digunakan untuk memaksimalkan performa konten yang sudah Anda siapkan.

3. Konten yang menarik

Konten menjadi kunci keberhasilan di social media marketing. Semakin besar engagement konten yang disajikan, semakin besar pula potensi terjadinya transaksi.

4. Kalender konten

Pastikan juga Anda punya konten yang sesuai di waktu yang tepat. Atau jika ingin lebih dikerucutkan lagi, tak hanya momen di hari yang tepat, tetapi juga di jam yang tepat. Anda bisa memposting konten di hari dan jam orang-orang aktif di media sosial.

5. Evaluasi

Evaluasi selalu memiliki peran penting, termasuk juga di social media marketing. Lakukan secara berkala untuk melihat performa konten yang Anda sajikan kepada audiens.

Platform Social Media Marketing

Seiring kecanggihan di bidang teknologi informasi, platform social media terus bermunculan. Akan tetapi hanya ada beberapa di antaranya yang bertahan dan berkembang besar. Di Indonesia sendiri, beberapa media sosial yang lazim digunakan oleh banyak orang meliputi:

  1. Facebook
  2. Twitter
  3. Instagram
  4. YouTube
  5. Tiktok

Sekilas di atas pembahasan tentang social media marketing secara umum. Anda bisa dapatkan pembahasan lebih terperinci dengan meriset di masing-masing proses untuk memaksimalkan strategi social media marketing yang sudah diterapkan.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.