Blog

display advertising

Arti, Manfaat dan Cara Mengoptimalkan Display Advertising

Banyak dari kita sudah terbiasa melihat display advertising atau mendengar istilahnya, tapi mungkin belum tahu benar apa itu display advertising. Sesuai dengan namanya, pada dasarnya display advertising adalah iklan yang sering muncul di internet.

Di era yang dituntut serba online saat ini, display advertising punya peran penting saat menjalankan bisnis. Jadi apa itu sebenarnya display advertising, seberapa penting dan apa saja manfaatnya? Kita akan bahas lebih lengkap di bawah ini.

Arti Display Advertising

Display Advertising bisa juga disebut display ads adalah iklan visual di internet dengan format gambar atau video yang bertujuan untuk mempromosikan produk atau layanan jasa. Iklan seperti ini biasanya muncul di situs web. Bisa di bagian atas, bawah, samping, letaknya tergantung pemasang iklan.

Iklan yang muncul juga akan disesuaikan dengan tema website yang Anda kunjungi. Selain itu dengan kecanggihan teknologi informasi saat ini, iklan yang muncul juga bisa disesuaikan dengan minat atau  Anda.

Manfaat Display Advertising

Banyak sekali manfaat display advertising ketika dijadikan senjata utama dalam digital marketing. Beberapa di antaranya:

display advertising

1. Terlihat profesional

Jika iklan usaha Anda terpampang di internet dan dilihat banyak orang, maka dampak yang dirasakan secara langsung adalah meningkatnya brand awareness. Selain itu, dengan adanya iklan secara visual, usaha Anda juga terlihat lebih profesional.

2. Dikenal lebih banyak orang

Semakin sering iklan terlihat, maka usaha Anda juga akan semakin dikenal orang atau makin banyak orang yang mengetahui produk atau layanan jasa yang kamu tawarkan. Sekalipun orang tidak mengklik iklan Anda, namun dengan tampil berulang-ulang, setidaknya usaha Anda akan nyantol di pikiran

3. Tingkatkan engagement

Seiring dengan meningkatnya brand awareness, potensi untuk meningkatnya engagement juga ikut tinggi. Logikanya jika usaha Anda dikenal lebih banyak orang, maka kemungkinan orang ikut bereaksi di akun media sosial usaha Anda juga ikut tinggi.

4. Audience tertarget

Salah satu kelebihan display advertising sebagai salah satu metode digital marketing adalah bisa menyasar audience tertarget, Dengan begitu Anda bisa menargetkan umur, gender bahkan minat audience yang diharapkan bisa melihat iklan Anda.

Cara Optimasi Display Advertising

Bagi pelaku bisnis kecil, budget iklan menjadi salah satu hal yang penting diperhatikan, termasuk di dalamnya iklan online. Namun begitu, bukan berarti Anda tak bisa mendapatkan hasil yang efektif dengan dana terbatas, kuncinya ada di setting iklan yang tepat atau biasa disebut optimasi.

Untuk mengoptimasi display advertising kuncinya ada di riset audience. Dana terbatas dengan kata lain Anda tak punya banyak kesempatan untuk menampilkan iklan ke orang banyak. Cara menyiasati keadaan ini adalah dengan mempersempit target audience. Dengan iklan tertarget, hanya user yang berpotensi saja yang bisa melihat iklan Anda.

Selain demografis audience seperti usia, minat, pekerjaan, hingga hobi, lokasi juga menjadi faktor penentu tingginya konversi. Alih-alih mengiklankan untuk seluruh wilayah Indonesia, Anda bisa memilih salah satu kota atau daerah yang menjadi target iklan. Jika riset yang dilakukan tepat, Anda bisa tetap mendapat hasil maksimal dengan bujet minimal.

Cara Setting Iklan GDN

Salah satu alasan yang menjadi pertimbangan untuk menggunakan GDN adalah kemampuannya untuk menargetkan iklan yang tepat sasaran. Fitur ini bisa akurat dengan memanfaatkan cookies, sehingga iklan Anda bisa muncul di orang yang tepat atau yang memiliki kebutuhan dengan produk/jasa yang Anda iklannya.

Hasil maksimal tentunya didapat dengan setting yang benar. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat setting iklan GDN.

Target keyword

Keyword yang tepat menjadi kunci utama untuk memaksimalkan iklan GDN. Anda bisa menggunakan keyword dengan volume pencarian besar yang masih relevan dengan produk.jasa yang anda jual. Dengan keyword yang tepat, konversi dan engagement pun bisa meningkat.

Placement targeting

Kabar baiknya, Anda bisa menentukan di situs mitra Google yang mana akan dimunculkan iklan Anda. Namun jika pengetahuan Anda tentang daftar situs yang sesuai masih kurang, Anda bisa memilih settingan automatic placement.

Remarketing

Seperti dijelaskan di atas, Google bisa melacak apa yang diinginkan oleh masing-masing pengguna internet dengan memanfaatkan cookies yang ditinggalkan. Cara ini yang menjadi dasar remarketing, agar pengguna bisa melihat iklan berulang sekalipun mengunjungi situs yang berbeda-beda.

Kesimpulan

Display advertising bisa menjadi jalan keluar bagi Anda yang punya anggaran terbatas untuk beriklan. Konversinya juga bisa tinggi jika melakukan optimasi yang tepat. Jadi tunggu apa lagi, manfaatkan display advertising untuk memajukan usaha Anda.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.