Blog

keyword research

Cara Melakukan Keyword Research yang baik Walaupun menggunakan Tool Free

SEO menjadi salah satu yang krusial di untuk memajukan website atau blog yang Anda kelola. Salah satu poin penting keberhasilan aplikasi SEO adalah keyword research atau riset keyword. Bukannya tanpa alasan, keyword yang tepat berpengaruh langsung kepada elektabilitas website Anda. Semakin tepat keyword yang ditarget dan dioptimasi, semakin tinggi ranking website Anda di mesin pencari.

Jika website Anda sudah mendapatkan ranking yang bagus di mesin pencari, potensi untuk mendapatkan trafik jadi semakin tinggi. Selain itu juga semakin banyak pengunjung yang tertarik melihat website Anda, maka semakin mudah untuk menjual produk. Lalu bagaimana cara melakukan optimasi keyword yang baik? Kita akan ulas bersama di bawah ini.

Keywords Optimization

Keyword optimization dimulai dari riset keyword untuk mengetahui topik yang paling banyak dicari di mesin pencari (Google) yang masih berhubungan atau related dengan website yang Anda kelola. Cara ini digunakan untuk memperbesar peluang website Anda ditemukan oleh orang-orang yang membutuhkan.

Caranya juga cukup mudah, catat semua keyword yang masih related dengan niche website Anda, lalu susun berdasarkan besar volume pencarian. Dari situ Anda bisa melihat persaingan serta keyword mana yang menjadi prioritas. Untuk mempermudah melakukan hal ini, ada banyak keyword tool free yang bisa memberikan hasil maksimal tanpa perlu keluar uang.

keyword research

Keyword Tool Free

Saat ini sudah banyak tool gratis maupun berbayar yang bisa membantu kita melakukan riset keyword. Dari sekian tool yang beredar, ada beberapa tool gratisan yang sering menjadi pilhan, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Google Keyword Planner

Tool ini sering dipakai karena keluaran dari google. Dengan alasan itu, diduga kuat data-data yang ditampilkan lebih akurat dibandingkan dengan tool lainnya. Google Keyword Planner bisa memberikan data berupa searching volume beserta rekomendasi turunan kata kunci yang tepat saat Anda memasukkan sebuah kata kunci. Kelebihan lainnya, sebagai sesama produk google, tool ini terintegrasi dengan Google Adword yang juga bermanfaat dalam optimasi web.

2. Google Trends

Masih dalam keluarga Google, berikutnya ada Google Trends, tool yang bisa digunakan untuk membantu menemukan ide keyword baru dengan melihat keyword yang paling banyak dicari. Dengan Google Trends, Anda bisa menemukan volume keyword, memfilter berdasarkan lokasi, search history, dan kategori. 

3. Keywordtool.io

Keywordtool.io salah satu tool yang memberikan banyak kemudahan sekalipun di versi gratisnya. Tool ini cocok bagi Anda yang berniat mencari beberapa ide long tail keyword. Tapi ingat, di versi gratis, ada pembatasan query input dan juga output yang ditampilkan.

4. Moz

Moz terbukti sangat membantu dengan tampilannya yang sangat user-friendly. Tool ini cocok untuk melakukan inbound marketing. Beberapa fitur gratisnya juga punya banyak manfaat seperti Open Site Explorer, Followerwonk, Moz Local, Mozbar dan The SERP Overlay.

Type Keywords

Riset keyword adalah proses untuk menemukan kata kunci yang tepat untuk digunakan pada website anda. Kata kunci atau keyword tadi yang akan menentukan performa website ketika sudah masuk ke mesin pencari. Karena itu pastikan Anda memahami beberapa type keywords untuk menyusun strategi serta prioritas yang tepat. Berikut ini beberapa jenis keyword yang harus diketahui:

1. Short Tail Keyword

Keyword pendek terdiri dari satu atau dua kata dasar, biasanya memiliki tingkat persaingan tinggi karena sangat umum dan sering dipakai oleh banyak orang.

2. Long Tail Keyword

Keyword yang lebih panjang, bisa dari gabungan beberapa short tail keyword. Optimasi keyword seperti ini relatif lebih mudah karena persaingan tidak seketat short tail keyword. Namun kendalanya, long tail keyword yang benar-benar bagus dan cocok cukup sulit untuk ditemukan.

3. Keyword Abadi

Setiap niche website, selalu punya keyword abadi yang dicari orang kapanpun itu. Biasanya hal ini berkaitan dengan yang mereka butuhkan dalam kehidupan sehari-hari.

4. Keyword Musiman

Sesuai namanya, popularitas keyword ini menjadi tinggi di waktu-waktu tertentu. Bisa jadi sesuai dengan isu yang sedang terjadi atau perayaan yang diperingati berkala.

Keywords Mapping

Secara pengertian sederhana, keyword mapping adalah strategi untuk membangun relevansi dengan keyword. Hal ini diperlukan karena dalam satu website terdiri dari banyak halaman dengan target keyword yang mirip atau bahkan sama. Padahal, algoritma google hanya memilih satu halaman terbaik dari sebuah website.

Cara Riset Keywords

Riset keyword dilakukan dengan cara mencari keyword terbaik yang bisa dioptimasi untuk website Anda. Google sudah menyediakan dua tool riset keyword gratis, yakni Google Keyword Planner dan Google Trends seperti yang sudah kita bahas sebelumnya. Hal yang perlu diperhatikan saat melakukan riset keywords adalah memperhatikan 4 komponen sebagai berikut:

1. Volume Pencarian

2. Tingkat Kesulitan Kata Kunci

3. Kata Kunci yang disarankan

4. Halaman Hasil Pencarian (SERP)

Itulah sekilas penjabaran terkait dengan keyword research dengan menggunakan tool free atau gratis yang bisa kamu pahami dan coba lakukan. Selain tool yang disebutkan di atas, masih ada beberapa tool lainnya yang bisa dicoba secara gratis maupun berbayar dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Selamat mencoba!

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.