Blog

Cara Optimasi Off-Page

Cara Optimasi Off-Page yang Baik Secara SEO

Teknik SEO secara umum dibagi menjadi dua metode, On-Page SEO dan Off-Page SEO. Memilih menerapkan salah satunya saja jelas tidak cukup untuk meningkatkan kualitas SEO website. Jika sudah dioptimasi secara internal (On-Page SEO), saatnya beralih kepada proses selanjutnya yakni Off-Page SEO. Bagaimana cara optimasinya? Di bawah ini adalah pembahasannya.

Pengertian Off-Page

Off-Page SEO adalah langkap optimasi yang dilakukan di luar website Anda, berkebalikan dengan On-Page SEO yang membenahi faktor internal konten dan halaman website. Secara sederhana, Off-Page SEO adalah optimasi faktor-faktor eksternal yang meliputi inbound link/backlink hingga share di media sosial.

Komponen Off-Page

Inbound link atau juga disebut backlink menjadi komponen utama Off-Page. Teknik optimasinya pun ada beragam, mulai dari backlink anchor text, teks tag alt, relevansi konten dengan backlink, sinyal sosial dan masih banyak lagi. Yang perlu diingat segala yang menyangkut SEO baik Off-Page maupun On-Page tidak pernah baku, metode dan teknik yang digunakan menyesuaikan dengan mengikuti perubahan algoritma mesin pencari.

Cara Optimasi Off-Page

Ada banyak cara dan metode untuk menerapkan teknik optimasi Off-Page. Namun secara garis besar dapat dirangkum ke dalam 5 metode di bawah ini.

Cara Optimasi Off-Page

1. Link building

Link building menjadi faktor terpenting dalam cara optimasi Off-Page untuk menaikkan Page Rank, sebuah algoritma Google yang menilai kuantitas dan kualitas backlink dalam website. Page Rank ini nanti yang menjadi faktor penilaian Google saat merangking di mesin pencari. Semakin banyak referring domain, maka semakin tinggi organik trafiknya.

Dengan begitu, Anda perlu memperbanyak inbound link/backlink terutama yang berkualitas untuk memperkuat off-page SEO website Anda. Untuk mendapatkan backlink berkualitas, Anda setidaknya perlu memperhatikan 5 faktor ini saat melakukan link building.

  • Page authority dan domain authority.
  • Link dofollow dan nofollow
  • Anchor text
  • Relevansi dengan sumber backlink
  • Trafik sumber backlink

2. Listing bisnis

Terdaftar di listing bisnis online juga menjadi bagian dari cara Off-Page SEO untuk mendapatkan backlink berkualitas. Beberapa listing bisnis yang bisa Anda manfaatkan antara lain Tripadvisor, Zomato, GoFood, GrabFood dan jangan lupa Google Bisnisku.

3. Review dan brand mention 

Penilaian user atau review di beberapa situs review seperti Google Bisnisku, punya peran besar Off-Page SEO website Anda, terutama untuk SEO lokal. Hal yang sama juga berlaku kepada brand mention yang biasanya sering ditampilkan oleh sebuah media. Penyebutan brand tanpa link ke website sekalipun tidak punya kontribusi besar secara teknis, namun tetap punya andil untuk menaikkan brand awareness.

4. Share di Media Sosial

Share di media sosial yang organik punya pengaruh tidak langsung ke Off-Page SEO. Karena semakin banyak orang yang membagikan konten Anda, maka semakin besar pula jangkauan serta potensi konten Anda untuk dibaca banyak orang.

Sekalipun begitu, Google secara resmi mengatakan jika share media sosial bukanlah faktor penting dalam penentuan ranking di mesin pencari secara langsung. Besar kemungkinan karena Google melihat share di media sosial bisa dengan mudah dimanipulasi.

Manfaat Optimasi Off-Page

Off-Page SEO adalah bagian penting dari strategi SEO. Proses ini sama krusialnya dengan On-Page SEO yang membenahi dari sisi internal website. Secara analogi, jika ada dua website dengan optimasi On-Page SEO yang sama baiknya, maka peringkat di mesin pencari Google ditentukan oleh seberapa sukses teknik Off-Page SEO yang dilakukan.

Kesimpulan dan Penutup

Off-Page SEO menjadi lebih sulit dibandingkan On-Page SEO karena diproses ini banyak faktor yang tidak bisa Anda kontrol. Namun ketika semua strategi berjalan baik, Anda bisa lihat hasil yang signifikan, trafik akan datang beriringan dengan level authority yang ikut meningkat.

Pastikan Anda sudah melakukan optimasi On-Page SEO sebelum beralih ke Off-Page SEO. Hal ini penting, karena tanpa On-Page SEO yang optimal, website lain juga bakal enggan merujuk ke website Anda.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.