Blog

PPC Remarketing

Panduan Lengkap PPC Remarketing Mulai dari pengertian Sampai Setup Goal

Dengan kecanggihan teknologi informasi saat ini, ada cara yang lebih efisien untuk menampilkan iklan secara lebih spesifik kepada orang yang sebelumnya pernah mengunjungi website Anda sebelumnya. Metode ini yang disebut dengan PPC Remarketing, cara terbaik untuk kembali terhubung kembali dengan orang-orang yang punya minat dengan situs Anda sebelumnya.

Prinsip remarketing didasarkan dari aktivitas orang di dalam situs Anda. Dari aktivitas tadi membantu Anda untuk menampilkan iklan kepada orang yang tepat. Dengan iklan ditampilkan kepada audiens yang lebih tertarget dan sesuai dengan ketertarikan mereka, maka akan berpengaruh secara langsung untuk meningkatkan penjualan dan membantu mengembangkan bisnis anda.

Pengertian Remarketing

Remarketing sendiri merupakan sebuah strategi untuk menampilkan iklan berdasarkan jejak browsing pengguna internet. Alurnya sebagai berikut, ketika seorang pengguna internet datang mengunjungi website Anda lalu ia browsing website lain, maka iklan website Anda bisa muncul di setiap website yang kunjungi berikutnya. Seperti itulah konsep strategi remarketing.

Salah satu contoh nyata, misalnya Anda masuk ke dalam website travel dan sempat mencari informasi tempat tujuan wisata Anda namun tidak sampai ke tahap melakukan transaksi dan beralih ke website lain. Nah saat mengunjungi website lain, maka akan muncul iklan dari website travel yang Anda kunjungi pertama lagi akan muncul di website lain yang Anda kunjungi. 

PPC Remarketing
PPC Remarketing

Remarketing Google Display

Pernahkan Anda mengalami hal ini? Ketika pernah mengunjungi website yang menjual baju, kemudian di keesokan harinya saat mengunjungi website lainnya, Anda menemukan produk/iklan website yang pernah dilihat sebelumnya di website yang sedang dikunjungi, bisa berupa link, gambar, video testimoni atau sekadar iklan promo. Inilah yang disebut dengan Google Display Network atau jika berdasarkan metodenya bisa juga disebut dengan Remarketing Google Display.

Remarketing Google Ads

Remarketing Google Ads salah satu fitur di Google ads untuk menampilkan konten iklan, terutama Google Display Network dengan audience yang lebih tertarget. Fitur ini memungkinkan pengiklan menampilkan ilan mereka kepada pengunjung yang pernah mengunjungi website kita. Logikanya, jika ada pengunjung pernah mengunjungi website kita, maka kemungkinan mereka memiliki interest terhadap produk/layanan kita. Adanya fitur remarketing ini untuk mengingatkan kembali para pengunjung tadi akan bisnis kita.

Setup Remarketing Google Ads

Salah satu yang penting saat mengatur remarketing Google Ads adalah dengan setup audiens remarketing. Fitur ini tersedia di akun Google Ads yang Anda miliki. Anda perlu menambahkan audiens setidaknya ke salah satu grup iklan yang pernah Anda atur sebelumnya. 

– Demografi target audiens

Di Google Ads, Anda bisa menargetkan demografi audiens tertentu berdasarkan kelompok kategori yang sudah tersedia. Nantinya iklan Anda oleh Google hanya akan ditampilkan kepada audiens dengan kriteria yang sudah Anda atur tadi.

Google Ads Remarketing

Google Ads Remarketing salah satu metode marketing secara digital yang paling ampuh saat ini. Kekuatannya berada di mesin pencari Google yang menjadi pusat informasi bagi mayoritas orang saat ini. Jutaan pengguna internet di Indonesia menggunakan Google saat membutuh informasi, termasuk juga informasi produk dan layanan. Jadi bayangkan saja jika usaha/bisnis Anda muncul ketika ada orang yang membutuhkan dan mencarinya di Google, bukankah dengan begini tingkat konversi akan menjadi lebih tinggi?

Google kemudian mengelompokkan pengguna internet tadi berdasarkan demografi mereka. Data demografi ini yang lalu dicocokkan dengan kebutuhan audiens Anda ketika beriklan menggunakan Google Ads. Prinsipnya sama seperti penjelasan di atas, Google akan menampilkan iklan Anda lebih sering kepada orang yang pernah mengunjungi website Anda sebelumnya.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.