Blog

Search Engine Optimization

Pengertian, Fungsi, Teknik dan Cara Kerja SEO (Search Engine Optimization)

Apa itu SEO (Search Engine Optimization)? Ini pertanyaan yang sering terlintas bagi mereka yang baru membuat website atau blog. Apakah benar SEO bisa mendatangkan trafik, seberapa penting lalu apa manfaatnya? Secara sederhana, optimasi SEO memang untuk mendatangkan trafik. Manfaat lainnya memang untuk meningkatkan brand awareness atau prestige website itu sendiri. Di bawah ini akan kita ulas bersama segala hal tentang SEO, mulai dari pengertian, teknik, cara kerja hingga manfaat.

Pengertian SEO

SEO atau Search Engine Optimization adalah teknik untuk mengoptimalkan performa halaman website agar punya ranking yang lebih baik di mesin pencari atau Search Engine Google. Optimasi SEO ini dilakukan melalui proses sistematis, dimulai dari analisis, implementasi hingga evaluasi.

Teknik SEO

Secara umum, teknik SEO dapat dikelompokan menjadi dua yaitu teknik on page dan off page. Sesuai dengan namanya, SEO on page adalah tindakan optimasi di dalam halaman website. Sementara SEO off page adalah strategi mengoptimalkan website dari faktor-faktor luar. Keduanya akan dibahas lebih lebih mendalam pada ulasan berikut.

Search Engine Optimization

– SEO on page

Teknik ini mengoptimasi halaman website untuk beberapa keyword yang tertarget agar bisa muncul di halaman awal mesin pencari google. Teknik ini menanggung 50% keberhasilan optimasi SEO secara keseluruhan. Adapun implementasinya meliputi optimasi di struktur keterangan halaman website, seperti heading tag, title tag, meta description, emphasize (bold, italic, underline), optimasi url, image and alt tag, outbond dan external link.

Yang tak kalah penting dari teknik SEO on page adalah mengoptimalkan konten, karena memang intisari dari teknik SEO adalah menghadirkan konten ke hadapan pembaca. Namun apabila kontennya sendiri tidak berkualitas, sebaik apapun teknik SEO yang dilakukan akan menjadi sia-sia. Karenanya yang utama adalah pastikan kontennya berkualitas baru dilakukan optimasi.

– SEO off page

Teknik ini merupakan strategi untuk mengoptimalkan faktor-faktor pendukung dari luar. SEO off page lebih kepada promosi dan mencari backlink. Jika diartikan, SEO Off Page adalah teknik membangun banyak link yang mengarah ke website Anda atau bisa disingkat link building. Caranya pun beragam, bisa menggunakan social bookmark, menyebar link di forum-forum hingga yang paling populer berinteraksi dan membagikan link melalui berbagai platform media sosial.

Fungsi SEO

Seperti disinggung di atas, fungsi optimasi SEO adalah untuk memaksimalkan ranking di mesin pencarian Google atau SERP (Search Engine Ranking Page). Dengan ranking yang lebih baik di mesin pencari, maka peluang halaman Anda dibuka/dibaca juga akan semakin tinggi. Selain itu tentunya secara tidak langsung juga akan ikut menaikkan popularitas website Anda sehingga optimasi SEO ini juga bagus untuk menaikkan brand awareness.

Cara Kerja SEO

SEO mengoptimasi halaman website agar bisa dengan mudah ditemukan oleh orang lain dengan menggunakan kata kunci tertentu. Hal ini bisa dicapai dengan meningkatkan relevansi konten dengan kata kunci serta dioptimalkan sesuai dengan algoritma atau cara kerja mesin pencari. 

Ada tiga proses yang dilakukan search engine di setiap permintaan kata kunci atau pencarian yang diketikkan, ketiga proses tadi adalah:

  • Crawling. Terjadi di tahap awal, mesin pencari akan mengumpulkan informasi dari semua website.
  • Indexing. Setelah informasi terkumpul, web crawler akan menyimpannya di entry list: index.
  • Ranking. Hasil pencarian tadi akan ditampilkan secara berurutan berdasarkan relevansi atau diurutkan berdasarkan hasil pencarian yang dianggap paling sesuai.

Cara kerja SEO adalah mengoptimasi agar pada setiap proses di atas, mesin pencari google mendapat informasi paling relevan sesuai dengan kata kunci yang dibidik. Dari sini sudah terlihat jelas jika SEO hanya untuk mengoptimasi, sementara konten website tetap menjadi poin penting bagi google.

Manfaat SEO

SEO punya banyak manfaat positif bagi pemilik website. Seperti yang disebutkan sebelumnya, SEO berpotensi mendatangkan trafik serta menaikkan brand awareness. Manfaat lainnya bisa berbeda-beda tergantung dari tujuan website itu sendiri.

Contoh lain misalnya untuk website affiliate dengan teknik SEO bisa meningkatkan penjualan produk affiliate. Begitu juga dengan website jualan online, jumlah pengunjung website bisa meningkat dengan teknik SEO yang ujungnya bisa juga meningkatkan penjualan. Berikut ini beberapa manfaat penggunaan teknik SEO.

  • Website mendapat trafik pengunjung sesuai dengan target kata kunci
  • Secara tidak langsung meningkatkan pendapatan sebagai publisher
  • Penjualan produk meningkat
  • Bisnis terus berkembang seiring dengan brand awareness yang ikut naik
  • Ada timbal balik ke website affiliate produk

Itulah sekilas hal dasar yang bisa dipelajari tentang SEO. Selain beberapa poin penting yang sudah bahas di atas, faktor lain yang tak kalah penting adalah nama domain serta pemilihan hosting. Nama domain erat kaitannya dengan page authority dan domain authority yang juga menjadi poin penilaian algoritma google. Sementara pemilihan hosting yang bagus akan menjamin kelancaran dan kecepatan membuka halaman yang juga salah satu poin utama bagi google saat merangking halaman pencarian.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.