Blog

Pay Per Click

Pentingnya Memilih Jenis PPC (Pay Per Click) Advertising yang Cocok

Iklan dengan sistem PPC atau Pay Per Click sejauh ini menjadi cara yang paling efektif dan efisien dalam mempromosikan konten, produk, jasa atau ingin membangun brand awareness. Meski begitu tak semua platform PPC advertising sesuai dengan tujuan Anda. Karena alasan ini maka penting mengetahui tips memilih platform yang tepat.

Memasang iklan PPC dengan bermodal uang dalam jumlah besar sekalipun tidak menjamin bisa mendapatkan ROI (Return of Investment) yang memuaskan. Anda tetap memerlukan strategi yang matang serta tipe konten yang bisa menyampaikan pesan dengan baik. Selanjutnya Anda tetap perlu jenis platform yang tepat agar tidak menyia-nyiakan dana yang sudah dikeluarkan. Apa saja platform PPC advertising dan bagaimana memilih yang cocok? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Google Ads

Google ads adalah platform PPC advertising yang paling populer. Platform ini disediakan Google untuk beriklan di mesin pencari. Anda bisa menggunakan Google Ads, untuk menampilkan iklan di mesin pencarian google dengan menggunakan keyword atau kata kunci yang relevan sesuai dengan apa yang menjadi tujuan Anda.

Halaman pencarian Google sendiri hingga saat ini menjadi yang paling populer di Indonesia. Data dari Global Stats Counter menunjukkan bahwa di Indonesia, Google masih dominan di sebagai pilihan mesin pencari dengan pangsa pasar sebesar 97,09 persen kemudian diikuti oleh Yahoo sebesar 1,65 persen dan Bing sebesar 0,83 persen.

Pay Per Click

Untuk bisa beriklan dengan menggunakan Google Ads pun caranya cukup mudah. Anda hanya butuh email Google dan mendaftar di website resmi Google Ads.

Gunakan Google ads jika Anda mengetahui serta mengerti benar apa yang audiens inginkan dari bisnis Anda melalui mesin pencari. Dan pastikan juga Anda memiliki cukup dana untuk bersaing di kompetisi peringkat laman, selebihnya Anda harus banyak melakukan percobaan untuk melihat konversi terbaik dari masing-masing iklan yang ditayangkan.

2. Facebook Ads

Sesuai dengan namanya, Facebook Ads adalah platform yang disediakan Facebook untuk beriklan di social media yang mereka punya. Platform ini akan efektif jika banyak dari audiens Anda adalah pengguna facebook.

Untuk membuat iklan PPC menggunakan Facebook Ads, Anda harus memiliki akun Facebook terlebih dulu. Setelah itu, Anda bisa membuat fanspage bisnis Anda untuk kemudian diiklankan menggunakan Facebook ads.

Facebook masih punya potensi besar untuk menjaring audiens yang sesuai. Berdasarkan laporan yang dikeluarkan Kata data, pengguna Facebook masih terus meningkat di setiap tahunnya. Bahkan di tahun 2018, user Facebook jumlahnya mencapai 2,2 Miliar.

3. Instagram Ads

Platform PPC yang populer berikutnya adalah Instagram ads. Sebenarnya platform ini adalah satu satu bagian dari Facebook Ads, karenanya jika Anda sudah memiliki Facebook Ads, secara otomatis bisa membuat iklan Instagram ads.

Sama seperti Facebook, Instagram juga masih menjadi platform social media yang populer di Indonesia. Data dari Napoleon Cat menyebutkan jika pengguna Instagram di Indonesia terus bertumbuh hingga mencapai 62 juta user di bulan Februari 2019.

Untuk bisa membuat iklan Instagram Ads, Anda harus terlebih dulu membuat halaman facebook yang terkoneksi dengan akun instagram Anda. Setelah itu, Anda bisa membuat iklan baik dari halaman Facebook ads atau langsung dari akun instagram.

Jadi Pilih yang Mana?

Memiliki konten berkualitas dan menarik memang penting. Namun penempatan konten tadi juga punya andil penting untuk bisa menghasilkan trafik serta meningkatkan penjualan. Distribusi konten yang baik serta tepat akan punya dampak positif untuk bisnis Anda. Pastikan Anda memilih platform yang tepat dan sesuai.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.