Blog

PPC Management Service

Pentingnya PPC Management Service yang Baik untuk Meningkatkan Revenue Anda

Jika Anda sedang browsing halaman hasil pencarian google dan melihat tanda ads di depan website yang muncul paling atas, itu sebenarnya adalah iklan yang disebut dengan PPC atau Pay Per Click. Di dalam strategi internet marketing, PPC Management Service malah bisa menjadi kunci untuk bisa sukses di dunia digital. Tentang apa itu PPC, manfaat serta serba serbi yang lain bisa Anda baca dalam ulasan di bawah ini.

Pengertian PPC

Seperti disebutkan sebelumnya, PPC adalah singkatan dari pay-per-click. Sesuai namanya, ini adalah layanan iklan yang hanya membayar ketika iklan dari kita diklik. PPC ini metode iklan paling populer dan dianggap lebih menguntungkan karena pengiklan hanya membayar jika ada yang klik iklannya. Contoh layanan penyedia PPC adalah dari AdWords dari Google, FB ads, dan beberapa layanan serupa lainnya.

Selain PPC ada juga metode PPM. JIka PPC menekankan kepada konversi, maka PPM lebih kepada reach, pengiklan membayar setiap kali iklan ditampilkan (biasanya setiap 1.000 kemunculan).

Manfaat PPC

PPC punya manfaat penting bagi bisnis untuk bisa tumbuh lebih cepat. Ini adalah metode paling umum digunakan dalam strategi internet marketing. Beberapa manfaat yang bisa didapat dari menerapkan strategi ini adalah:

PPC Management Service

1. Memberikan hasil yang cukup cepat

PPC memberikan hasil secara instan. Ini juga yang menjadi daya tarik utama metode ini. Tanpa perlu menunggu waktu lama, iklan Anda bisa berada di posisi teratas mesin pencari. Dengan begitu, metode ini bisa meningkatkan trafik serta penjualan dalam waktu relatif cepat.

2. Atur sendiri target pelanggan

Iklan PPC memungkinkan Anda untuk mengatur sendiri target calon konsumen. Beberapa parameter yang bisa diatur antara lain: lokasi, usia, jenis kelamin, hobi, serta ketertarikan lainnya yang masih relevan dengan produk Anda. Dengan begitu, iklan Anda bisa menjangkau orang yang tepat sehingga potensi konversi juga ikut meningkat.

3. Biaya iklan relatif murah dan terkontrol

Seperti dijelaskan sebelumnya, Anda hanya akan membayar ketika iklan diklik. Dengan metode ini, biaya untuk iklan menjadi relatif lebih murah dan terkontrol. Selain itu juga, metode ini bisa memberikan fleksibilitas untuk mengelola pengeluaran iklan Anda.

4. Trafik web berkualitas

Pengunjung dari mesin pencari rata-rata memang mencari layanan yang Anda tawarkan. Dengan begitu, ketika pengaturan target iklan sudah sesuai sasaran, maka Anda mendapatkan trafik berkualitas dengan potensi konversi yang tinggi.

Cara Menargetkan PPC

Saat ini metode iklan PPC tak hanya disediakan oleh Google saja. Hampir semua platform social media juga menggunakan metode yang sama, sebut saja beberapa platform social media yang populer seperti facebook, twitter hingga instagram. Sama-sama mengusung sistem pay per click, yang membedakan tentunya environment dari platform itu sendiri.

Anda harus jeli melihat di mana target audiens Anda berada. Jika memang target audiens Anda berada di semua platform di atas, maka Anda bisa memanfaatkan semuanya. Atau bisa juga membuat prioritas dan menyesuaikan dengan kebutuhan agar tak terlalu membebani anggaran.

Jenis Iklan PPC

PPC adalah sebuah metode. Sementara penerapannya sendiri ada beberapa jenis yang mungkin Anda sendiri sudah familiar melihatnya, yaitu:

– Search advertising

Salah satu jenis PPC yang paling terkenal. Iklan ini muncul di halaman pencarian google. Ciri-cirinya berada di paling atas dan memiliki logo “Ad” kecil di depannya.

– Social advertising

Seringkali dikelompokkan ke dalam social media marketing, namun nyatanya merupakan salah satu jenis PPC. Anda bisa lihat jenis iklan ini ketika scrool feed instagram atau facebook dan menemukan konten dengan penandan ‘sponsored’,

– Remarketing

Ketika mengunjungi sebuah website, Anda mungkin melihat iklan website yang pernah Anda kunjungi di website lain atau di feed social media Anda, ini yang disebut dengan metode remarketing. Tujuan utama metode ini untuk mengingatkan pengunjung untuk kembali ke website dan melakukan transaksi.

– Display advertising

Metode ini memperlihatkan iklan Anda di semua website partner Google. Anda bisa memilih audience iklan yang diinginkan agar tepat sasaran, sisanya urusan Google untuk menampilkan iklan Anda kepada target audience melalui website partner dengan niche yang sama.

– Google shopping

Salah satu yang familiar bagi Anda yang sering berbelanja di e-commerce. Contoh jenis PPC ini adalah ketika Anda mengetikkan nama barang di mesin pencari Google dan yang muncul adalah kotak-kotak foto barang yang Anda cari lengkap beserta harganya.

Kesimpulan

Di era digital saat ini, pay per click menjadi salah satu iklan paling efektif untuk bisa mengangkat bisnis Anda. Metode ini cocok jika audiens atau calon pelanggan Anda adalah orang-orang yang pengguna internet dan juga aktif menggunakan social media.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.